Senin, September 05, 2016

しずか な せんせい 。。。

Sensei yang tenang.

Ada yang ganjil dari salah satu sensei yang ada di nihongo no uchi. Sensei yang keberadaannya antara ada dan tiada.
Anda Penasaran ! siapa ya ???

Hmm... siapa lagi kalau bukan sensei penjaga komputer. Yup, ada yang ganjil dari sensei ini. Yang membuat saya heran, kenapa sebagian besar bahkan hampir seluruh penghuni dan pelajar di nihongo no uchi seperti takut berhadapan dengan sensei ini. Padahal sensei ini selama saya tinggal disini, karakternya pendiam. Tepatnya "Not Easy Going" alias tertutup.

Kalau datang di nihongo no uchi, hampir seluruh waktunya dia habiskan hanya diruang kerjanya. Kecuali, waktu Shalat. Sensei ini tergolong taat beribadah. Jika telah tiba waktu shalat, maka ditinggalkanlah ruangannya dan pergi ke Mushalah nihongo no uchi atau ke Masjid terdekat. Selebihnya ya di ruang kerja Duduk hingga berjam2 di depan komputer. Hal itulah yang membuat saya memberikannya gelar "Sang Penjaga Komputer".

Sensei ini kalau bicara (entah telinga saya yang bermasalah atau memang volume suaranya yang perlu ditambah) volume suaranya rendah dan agak cepat yang membuat saya harus fokus mendengarkan ketika sensei ini memberi penjelasan (sewaktu saya pertama kali datang). Sebab kalau tak fokus, maka pastilah saya mengalami gagal paham. Jika sudah demikian, tanpa ragu saya memintanya mengulangi kembali penjelasannya. Jika terlalu cepat, maka tanpa rasa takut saya memintanya memperlambat intonasinya. Haha...maaf sensei tidak ada maksud menjahili, saya hanya menghindari sikap meng'iyaiya'kan sesuatu yang saya tidak paham. ^_^

Sensei penjaga komputer, yang kehadirannya antara ada dan tiada. Namun, tentang prosedur nihongo no uchi (selain sacho / pemilik NnU) hanya dia yang tahu segalanya. Beberapa kali saya bertanya atau meminta penjelasan kepada sensei saya tentang sesuatu yang berkaitan dengan prosedur dsb. "Saya kurang tahu, coba tanyakan ke sensei H... " jawabnya. Suatu hari saya juga bertanya ke sensei berkacamata dan jawabnya "Coba tanyakan ke sensei H..."
Ya sudahlah, saya kantongi dulu pertanyaan saya.

Lalu apa yang ganjil dari sensei penjaga komputer ini ?
Ya itu inti dari pos ini.
Saya merasa sikap sensei ini ganjil bermula dari ketika sensei kelas tetangga (senseinya salah seorang pelajar dari Lampung). Sensei kelas tetangga ini mengatakan bahwa sensei H... adalah Ketua Himpunan di Jurusan Perkuliahannya sewaktu menjadi Mahasiswa dulu.
Mendengar itu saya merasa heran, ketua himpunan ???
Tapi, sikapnya yang pendiam bertolak belakang dengan sikap organisator atau aktivis yang sering saya geluti sewaktu kuliah. Terbuka, easy going, pembicara, dsb itulah sikap rata-rata ketua organisasi yang saya ketahui.

Saya tidak boleh langsung menjustice ini itu. Meskipun saya pernah menganggap sensei ini PHP dan Aneh. Ceritanya waktu itu saya mau izin belajar. Kemudian dia berkata : "Oh iya, dikamar ada kasurnya tidak? Saya lupa kasih, nanti saya kasih" (kenyataannya hanya PHP). Dikesempatan itu saya bertanya apakah kamar sy ada kuncinya. Jawabannya "Kunci, kayaknya ada. Nanti sy carikan. Atau nanti sy pasangkan gembok" (Aneh, masa' kamar pintu kaca mau dipasang gembok, kunci sj sdh cukup atau gerendel. Ini malah gembok! Alay deh)

Terlepas dari itu, Dilihat secara keseluruhan, sensei ini (katanya) baik luar biasa.
Kemungkinan besar, sensei ini hanya menutup diri dari kaum hawa. Ya mungkin seperti itu. Dan itu adalah bukan sikap yang tidak baik.
perlu waktu bagi saya untuk lebih mengenal karakter setiap individu dari Nihongo no Uchi (NnU)...

Saya sangat berharap, saya bisa menyelesaikan dengan baik misi saya berada di sini.
Aamiin ya Rabbal alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar